SELAMAT DATANG DI PRODI KEBIDANAN CURUP POLTEKKES KEMENKES BENGKULU

Kamis, 23 Januari 2014

PELAKSANAAN KELAS IBU PRODI KEBIDANAN CURUP



Kelas ibu hamil merupakan sarana untuk belajar bersama tentang kesehatan bagi ibu hamil, dalam bentuk tatap muka dalam kelompok yang bertujuan meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan ibu-ibu mengenai kehamilan, persalinan, perawatan nifas dan perawatan bayi baru lahir, mitos, penyakit menular dan akte kelahiran.
Kelas ibu hamil adalah kelompok belajar ibu-ibu hamil dengan umur kehamilan antara 20 minggu s/d 32 minggu dengan jumlah peserta maksimal 10 orang. Di kelas ini ibu hamil akan belajar bersama, diskusi dan tukar pengalaman tentang kesehatan ibu dan anak secara menyeluruh dan sistematis serta dapat dilaksanakan secara terjadwal dan berkesinambungan.
Setiap ibu hamil diwajibkan memiliki buku KIA, karena di buku ini terdapat beberapa informasi tentang kehamilan.Akan tetapi, tidak semua informasi penting termuat di buku KIA. Untuk itu, dibentuklah program Kelas Ibu Hamil.
Kelas Ibu merupakan salah satu kegiatan penting dalam penerapan Buku KIA dimasyarakat sebagai upaya pembelajaran ibu, suaminya dan keluarga agar memahami Buku KIA melalui metode kegiatan belajar bersama dalam kelas yang di fasilitasi oleh petugas kesehatan untuk mempersiapkan ibu hamil menghadapi persalinan yang aman dan nyaman. Beberapa kegiatan seperti senam ibu hamil, latihan pernafasan pada persalinan dan cara menyusui bayi juga diberikan minat ibu-ibu hamil agar datang mengikuti Kelas Ibu Hamil tersebut.
Kabupaten Rejang Lebong merupakan Pusat Pelaksanaan Kelas Ibu di Provinsi Bengkulu, sejalan dengan Visi Prodi Kebidanan Curup yaitu “Menghasilkan Bidan yang Mandiri dan Kompetitif serta Terampil sebagai Fasiliator Kelas Ibu Tahun 2020”, Prodi Kebidanan Curup menyelenggarakan Pengenalan Pelaksanaan Kelas Ibu dengan peserta ibu-ibu hamil yang bertujuan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan ibu – ibu mengenai kehamilan, persalinan, perawatan nifas dan perawatan bayi baru lahir.





















Tidak ada komentar:

Posting Komentar